Artikel

Friday, March 4, 2011

BPN KETAPANG ADAKAN SERTIPIKASI TANAH MELALUI PRONA DAN REDISTRIBUSI TANAH

      Seperti tahun-tahun sebelumnya Kantor Pertanahan Kabupaten Ketapang pada Tahun  2011 melaksanakan legalisasi asset secara massal yang dibiayai oleh APBN. Pada tahun 2011 terdapat 2 kegiatan legalisasi asset yang dibiayai oleh  APBN yaitu PRONA dengan target sebanyak 1000 bidang dan Redistribusi Tanah Negara dengan target sebanyak 250 bidang.

       Sesuai hasil rapat koordinasi dengan para kepala desa pada tanggal 2 Pebruari 2011 di ruang rapat Kantor Pertanahan yang dipimpin oleh koordinator PRONA  Abdul Hakim, BA, untuk Lokasi Prona tahun 2011 ini  dibagi ke dalam beberapa wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Sandai sebanyak 100 bidang terletak di  Desa Sandai dan  Desa Sandai Kiri masing-masing 50 bidang, Kecamatan Kendawangan sebanyak 300 bidang yang terbagi Desa Kendawangan Kiri sebanyak 100 bidang dan Desa Mekar Utama sebanyak 200 bidang. Sisanya sebanyak 600 bidang dibagi ke  Desa Sungai Jawi Kecamatan Matan Hilir Selatan sebanyak 100 bidang dan Kecamatan Benua Kayong,  meliputi Desa Tuan-Tuan sebanyak 100 bidang, Desa Suka Baru dan Desa Sungai Kinjil masing-masing sebanyak 200 bidang. Untuk proyek redistribusi tanah direncanakan lokasinya di Desa Sungai Pelang sebanyak 100 bidang dan Desa Mekar Sari sebanyak 150 bidang. Dalam arahannya Abdul Hakim menyampaikan bahwa proyek PRONA ini khusus diperuntukan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu  membayar permohonan sertipikat secara rutin, sedangkan program redistribusi tanah ditujukan kepada para petani penggarap tanah pertanian yang akan dijadikan obyek landreform.

       Dengan adanya proyek ini diharapkan masyarakat  kurang mampu yang selama ini tidak mempunyai akses terhadap lembaga permodalan misalnya  Bank maupun Koperasi, kedepan setelah memperoleh sertipikat bisa mendapatkan akses terhadap lembaga permodalan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh para Kasi dan Kasubsi Kantor  Pertanahan Kabupaten Ketapang yang secara bergantian memberikan arahan secara teknis kepada para Kepala Desa yang akan menjadi lokasi proyek  ini sesuai dengan tupoksi masing-masing . Dengan diberikannya pembekalan secara teknis  ini diharapkan  dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar tepat sasaran  dan  tepat  waktu penyelesainnya.

 

 


mustgunadi

BPN.BPNWidgetBannerCekBerkas